Senin, 06 Juni 2011

Profil Perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin

Perpustakaan adalah salah satu fasilitas yang wajib dimiliki setiap sekolah untuk menunjang proses pembelajaran anak didik. Selain harus mampu menyediakan stok buku yang mencukupi dan beragam, perpustakaan juga harus menjadi tempat yang nyaman sehingga membuat anak didik betah dan senang untuk belajar dan membaca buku di perpustakaan.

Begitu pula dengan perpustakaan sekolah di SMK Negeri 1 Banjarmasin, dimana sebagai salah satu fasilitas penunjang di sekolah ini perpustakaan benar-benar dirawat dan dipelihara serta secara rutin terus menambah koleksi-koleksi buku sebagai bahan referensi dan pembelajaran anak didik.


 
Suasana perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin
Meja-meja tersusun rapi dan bersih dengan suasana yang nyaman

 Fasilitas pendukung yang dimiliki Perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin

 
Telveisi pun juga disediakan agar anak didik maupun guru yang ingin membaca di Perpustakaan tidak bosan dan bisa mendapat hiburan serta informasi tambahan
Juga tersedia satu unit PC


Untuk persediaan buku yang dimiliki, Perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin memiliki 3.829 Judul buku dengan jumlah total 43.634 eksemplar buku yang terdiri dari :

             -  764 Judul Buku Paket dengan total 24.798 Eksemplar
             -  2.543 Judul Buku Non Paket dengan total 18.105 Eksemplar
             -  522 Judul Buku Fiksi dengan total 1.206 Eksemplar

Selain buku-buku yang beragam dengan jumlah yang mencukupi, Perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin juga memiliki koleksi koran harian yang dapat dimanfaatkan seluruh warga sekolah untuk selalu update berita harian. 

Selain itu, koran-koran lama juga dikumpulkan dan dibentuk kliping besar sehingga juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan referensi untuk mendapatkan informasi-informasi di waktu lampau.

Koleksi koran harian Perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin

 Kliping koran harian di Perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin

Bagi siswa-siswi atau guru maupun masyarakat sekolah lainnya yang ingin membaca tanpa terganggu dan lebih berkonsentrasi bisa memanfaatkan ruangaan khusus yang disediakan di Perpustakaan SMK Negeri 1 Banjarmasin.

Di ruangan ini selain disediakan beberapa judul buku paket juga disediakan meja dan kursi serta kondisi ruangan yang tenang sehingga memudahkan penggunanya baik untuk membaca maupun mengerjakan tugas-tugas.

 Ruangan khusus untuk membaca / mengerjakan tugas


 Ruang Ketua Perpustakaan


Meskipun mungkin masih memiliki banyak kekurangan, namun Perpustakaan Sekolah SMK Negeri 1 Banjarmasin ini sudah cukup memadai untuk bisa memenuhi kebutuhan anak didik maupun guru untuk mendapatkan bahan referensi maupun pembelajaran.

Catatan
Klik pada Gambar untuk memperbesar
Gambar diambil pada saat proses ulangan umum berlangsung sehingga kondisi sangat sepi

11 komentar:

Blog Dofollow mengatakan...

Indah dan Rapi Perpustakaannya,,,

Lirik Lagu mengatakan...

Mampir ke sini ya,, nih ada lirik lagu

urang mantuil mengatakan...

memang terlihat sangat rapi dan bersih....
selain itu suasananya juga nyaman...

Auliya Rahmatina mengatakan...

Walaupun sederhana tapi rapi...

Admin mengatakan...

mohon sarannya juga ya..

Auliya Rahmatina mengatakan...

tambah jurusan lagi donk.. spya smkn 1 tambah bnyk lge pmntnya...

Admin mengatakan...

wah,sepertinya untuk penambahan jurusan masih belum bisa dilakukan, untuk empat jurusan saja di SMKN 1 Banjarmasin sudah cukup kesulitan untuk menampung jumlah siswa yang sangat banyak,sepertinya perlu penambahan ruang kelas lagi jika memang mau membuka jurusan baru serta perlu persiapan matang untuk mendapatkan guru-guru pengajar yang memang berkompeten dan memiliki kemampuan memadai

Auliya Rahmatina mengatakan...

oh, iya2. ditunggu jurusan barunya ya..

Muhammad Arif mengatakan...

kalo boleh tau sarannya untuk penambahan jurusan apa ya?

Auliya Rahmatina mengatakan...

jurusanya terserah saja, yang jelas dibutuhkan dijaman sekarang.

Unknown mengatakan...

pada intinya smkn 1 harus mampu meluluskan siswa nya dengan tujuan tidak hanya bekerja akan tetapi memiliki usaha atau sebagai pengusaha muda (Entrepreneur) yang kreatif dan inovatif serta memiliki wawasan yang sangat luas dan membanggakan.

Posting Komentar

SMK Negeri 1 Banjarmasin. Diberdayakan oleh Blogger.